Perangkat Lunak Aplikasi Pengolah Kata

Standard

Aplikasi pengolah kata merupakan suatu program yang digunakan untuk melakukan penyusunan, penyuntingan, pemformatan sebuah dokumen, lalu dapat dicetak pada media kertas.

Aplikasi pengolah kata yang digunakan pada kali ini adalah Microsoft Office Word 2013

A. Mail Merge

Mail merge merupakan fasilitas yang terdapat di Microsoft Word, digunakan untuk menulis surat ke beberapa tujuan tanpa mengubah isi surat tersebut dengan isi surat yang sama, sehingga kita tidak perlu membuat surat satu-persatu sesuai dengan jumlah penerima.

Langkah-langkah membuat mail merge :

  • Buka program Ms. Word

mail-merge_01

  • Ketikkan nama, alamat, dan perihal (contoh) untuk tujuan penerima surat yang akan diisi secara otomatis

mail-merge_02

  • Pada tab mailings, klik start mail merge, kemudian pilih step by step mail merge wizard

mail-merge_04

  • Pilih tipe dokumen, lalu klik next

mail-merge_05

  • Pilih dokumen yang ingin di set sebagai surat, lalu klik next

mail-merge_06

  • Pilih penerima surat. Jika belum ada, klik create untuk membuat daftar penerima surat

mail-merge_07

  • Lalu akan muncul jendela untuk menambahkan daftar penerima surat.Jika ingin merubah nama kolom, klik customize columns lalu pilih kolom yang ingin diganti namanya, dan klik rename

mail-merge_08

  • Isikan daftar penerima surat. Klik new entry jika ingin menambahkan penerima surat, jika sudah selesai klik ok

mail-merge_09

  • Simpan data penerima surat,  ketikkan nama file dan klik save

mail-merge_10

  • Kemudian akan tampil jendela preview untuk penerima surat, klik ok jika sudah sesuai

mail-merge_11

  • Klik next untuk step selanjutnya

mail-merge_14

  • Klik next

mail-merge_15

  • Klik Next

mail-merge_16

  • Jika sudah, pada setiap entri, klik insert merge field sesuai yang telah didaftarkan tadi

mail-merge_17

  • Kemudian akan tampil seperti ini

mail-merge_18

  • Jika ingin melihat previewnya, klik preview result dan akan tampak penerima suratnya

mail-merge_19


B. Page Number

Page number berfungsi untuk memberi nomor pada halaman. Akan tetapi, banyak yang tidak tahu cara memberi nomor halaman yang berbeda sebelum halaman pertama. Berikut langah-langkahnya :

  • Buka dokumen pada ms.word yang ingin diberi nomor halaman pada tab insert > page number

number01

  • Pada halaman yang ingin diberi penomoran berbeda, buka tab page layout, kemudia klik breaks > next page

number04

  • Klik format page numbers pada tab insert

number02

  • Pilih format penomoran yang diinginkan pada halaman, klik ok

number03

  • Lalu pada halaman yang ingin diberi penomoran mulai dari 1, klik format page number pula pada tab insert, dan pada bagian page numbering klik start at : 1

number05

  • Penomoran halaman pun selesai

number06


C. Daftar Isi Otomatis

Pada saat membuat karya tulis, sering kali kita membuat daftar isi secara manual, sehingga jika terjadi perubahan halaman kita harus mengedit kembali daftar isi tersebut dan terkadang menjadi tidak rapih.

Berikut cara membuat daftar isi secara otomatis :

  • Buka dokumen yang ingin diberikan daftar isi secara otomatis, blok pada judul bab kemudian pada tab home > styles > pilih Heading 1

daftar01

  • Kemudian pada sub judul pilih styles heading 2, dan seterusnya

daftar02

  • Lalu sisipkan halaman kosong untuk menambahkan daftar isi, klik tab insert > blank page

daftar03

  • Klik tab references, kemudian klik table of contents,  pilih jenis daftar isi yang diinginkan

daftar04

  • Daftar isi pun telah jadi

daftar05


D. Equation

Equation berfungsi untuk menuliskan formulasi rumus / angka. Kita bisa menggunakan template yang sudah ada maupun membuat sendiri sesuai yang kita butuhkan.

  • Buka program ms.word, kemudian klik tab insert > equation

equation01

  • Pilih formulasi yang diinginkan, jika ada dari template, bisa gunakan template. jika tidak, kita bisa membuatnya sendiri

equation02

  • Masukkan angka / huruf yang diinginkan. Selesai

equation03


E. Autotext

Autotext berfungsi untuk memasukkan teks secara otomatis yang telah disimpan, tapa harus mengetikkan seluruh teksnya.

  • Buka dokumen ms.word, ketikkan teks yang ingin dijadikan sebagai autotext

autotext01

  • Blok teks tersebut, kemudian klik tab insert > quick parts > autotext > save selection to autotext gallery

asrama_alamat

  • Ketikkan keyword untuk autotext pada bagian name, lalu klik ok

autotext02

  • Kemudian coba ketikkan keyword dari autotext di halaman ms.word, lalu akan muncul pop up yang berisi autotext yang tadi telah didaftarkan, kemudian jika ingin memilihnya, tekan enter

autotext03

  • Teks yang diinginkan pun otomatis tertulis tanpa harus mengetikkan seluruh teksnya

autotext04

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s